Jenis Pantun Beserta Contohnya

Jenis pantun ini dibedakan menjadi dua kelompok yaitu pantun berdasarkan keterkaitan sampiran dan isi serta pantun berdasarkan isi. Pantun adalah satu jenis puisi lama dan sudah dikenal luas dimasyarakat indonesia.

1019 Contoh Dengan Macam Macam Pantun Nasehat Terbaru

Jenis jenis pantun beserta contohnya pantun adalah salah satu jenis puisi lama pantun memiliki kekhasan yaitu terdiri dari 4 larikbaris dimana 2 baris pertama disebut dengan sampiran sedangkan 2baris terakhir disebut dengan isi.

Jenis pantun beserta contohnya. Berikut ini penjelasannya lebih lengkap. Pantun berasal dari kata patuntun dalam bahasa minangkabau yang berarti petuntun. Teman teman pun pasti setidaknya pernah mendengar pantun tidak hanya di dalam pelajaran bahasa indonesia melainkan juga di acara acara hiburan adat sampai program hiburan komedi di stasiun televisi.

Adapun pantun mempunyai sajak akhir dengan pola a b a b atau a a a a. Berikut beberapa jenis pantun nasehat beserta contohnya. Pantun adalah satu jenis puisi lama dan sudah dikenal luas dimasyarakat indonesia.

Di bawah ini adalah jenis jenis pantun beserta contohnya. Pantun pengertian jenis jenis dan contoh pantun p antun merupakan salah satu jenis puisi lama yang masih terkenal sampai sekarang. Dalam bahasa jawa misalnya dikenal sebagai parikan dalam bahasa sunda dikenal sebagai paparikan dan dalam bahasa batak dikenal sebagai umpasa baca.

Pantun adat atau tradisi luhur harus dijunjung tinggi karena merupakan prinsip hidup masyarakat. Pantun nasehat adet adalah pantun yang berisi petuah tentang kebiasaan kebudayaan dan nilia nilai moral atau sopan santun yang berlaku dalam suatu masyarakat tertentu. Pantun berdasarkan keterkaitan sampiran dan isi.

Demikianlah artikel tentang pantun meliputi pengertian pantun ciri ciri pantun dan jenis macam macam pantun beserta contohnya. Namun di artikel ini saya akan menyampaikan yang umum saja. Bila anda ingin menambahkan contoh pantun lainnya silakan bisa ditulis lewat komentar.

Sebenarnya jenis pantunini ada banyak sekali kategorinya. Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa bahasa nusantara. 13 jenis jenis pantun beserta pengertian dan contohnya 6 january 2017 by andhika wiratama jenis jenis pantun betawi adalah salah satu suku asal indonesia yang menetap di kawasan jakarta.

Jenis jenis pantun pantun dibagi kedalam 2 jenis yaitu pantun yang berdasarkan bentuknya dan pantun berdasarkan isinya. Jenis dan ciri ciri pantun beserta contohnya. Jenis jenis pantun beserta penjelasan dengan ciri ciri dan contohnya zaini 18112017 umum tidak ada komentar jenis jenis pantun jaman sekarang pantun merupakan karya yang populer dan asyik untuk dibawakan salah satunya pada acara acara televisi yang dibawakan pada acara komedi.

Jenis Jenis Pantun

Pengertian Pantun Jenis Pantun Ciri Ciri Pantun Dan Contohnya Lengkap

Pantun Pengertian Ciri Ciri Dan Jenis Jenis Pantun Beserta Contohnya

Pengertian Pantun Unsur Unsur Pantun Dan Contoh Pantun

Pantun Pengertian Ciri Ciri Dan Jenis Jenis Pantun Beserta Contohnya

Koleksi Pantun Pantun

Pengertian Pantun Jenis Beserta Ciri Cirinya

Jenis Jenis Pantun Berdasarkan Isi Dan Contoh

Pengertian Ciri Ciri Jenis Jenis Contoh Pantun Inirumahpintar Com

Pantun Pengertian Ciri Ciri Dan Jenis Jenis Pantun Beserta Contohnya

Bmm3116 Pantun Dan Seloka Pptx Powerpoint

180 Contoh Pantun Jenaka Nasehat Cinta Lucu Agama Teka Teki Dll

Download Gambar 18 Jenis Jenis Pantun Dan Contohnya Lengkap Pintar

Pengertian Pantun Dan Contohnya Masing Masing Berbagai Jenis Pantun

Epculbyla33 S Soup

35 Contoh Pantun Agama Islam Ilmusiana

Korang Pernah Terfikir Tak Pembayang Dalam Pantun Sebenarnya Ada

Pengertian Pantun Ciri Ciri Pantun Jenis Pantun Serta Contohnya

Calameo Pengertian Puisi Baru Beserta Contohnya

Perbedaan Pantun Dan Syair Dalam Bahasa Indonesia Rangkaian Seri

Pantun Pengertian Jenis Ciri Ciri Unsur Dan Contoh Jagad Id

Rima Akhir Pantun Melayu Choo Ming Ding Academia Edu

11 Macam Macam Pantun Lengkap Dengan Contoh Dan Penjelasannya


0 Response to "Jenis Pantun Beserta Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel